Para Perempuan Yang Mencintai Rasulullah - JIHAD ILMIAH
Headlines News :
Home » » Para Perempuan Yang Mencintai Rasulullah

Para Perempuan Yang Mencintai Rasulullah

Written By Guruku Kyai Bukan Mbah Google on Minggu, 25 September 2011 | 03.17

 Dilansir di media online analisisnews.com 13 september 2011

Judul buku: Keluarga Perempuan Rasulullah: Biografi Para Ibu, Istri, dan Putri Nabi
Penulis : Fathi Fawzi dan Widad Sakakini
Penerbit : Zaman, Jakarta
Cetakan : I, 2011
Tebal : 431 Halaman
Harga: Rp.50.000
Peresensi : Abdul Aziz MMM*


Tak bisa dipungkiri, di balik kehebatan seorang tokoh atau figur publik, ada perempuan hebat di sekelilingnya. Misalnya saja Presiden pertama Indonesia, Soekarno, adalah satu sosok tangguh yang dikelilingi oleh para perempuan kuat (istri-istrinya). Para istri inilah yang mewarnai perjalanan perjuangan Soekarno dalam sejarah bangsa Indonesia.
Bagaimana dengan Rasulullah, tokoh berpengaruh nomor  satu di dunia ? Yang juga semasa hidup Rasulullah dikelilingi para perempuan yang mencintai beliau. Buku ini mencoba untuk lebih komprehensif dengan memasukkan kisah-kisah para ibu di awal kelahiran nabi juga kisah para istri beliau dan putri-putrinya.

Semasa perjlanan hidup Rasulullah, ternyata ada para perempuan yang begitu mencintai dan menyayangi Rasulullah. Selain Aminah bint Wahab sebagai ibu kandung, Rasulullah juga memiliki lima ibu lain, seperti: Ummu Aiman (perawat), Halimah al-Sa’diyah (ibu asuh), Fatimah bint Asad (istri Abu Thalib), Syifa bint Auf (bidan Rasulullah), dan Tsuaibah (ibu susuan nabi). Di antara enam ibunda ini, ada yang ditakdirkan meninggal dunia di masa Rasulullah hidup dan ada yang berusia lebih panjang hingga masa setelah Rasulullah wafat.

Berbicara tentang para perempuan kekasih Rasulullah, mungkin kita akan tertuju pada istri-istri beliau. Pada bagian kedua buku ini akan mengupas tentang kehidupan dan peran istri-istri Rasulullah. Bagaimana misalnya Khadijah, seorang janda kaya, jatuh hati pada kepribadian Rasulullah. Ia yakin bahwa suaminya adalah utusan Allah ikut menenangkan Muhammad ketika beliau kembali dari Gua Hira dalam kondisi cemas menggigil, karena baru saja menerima wahyu Tuhan. Keyakinannya sebagai pendamping Muhammad tersebut menjadikan ia sebagai wanita, bahkan manusia pertama yang hatinya disinari cahaya iman.

Sepeninggal Khadijah, Rasulullah dirundung duka mendalam. Menyadari bahwa nabi mereka adalah manusia biasa dengan beban dakwah yang kian berat, maka para sahabat pun mencoba meringankan dengan jalan menikahkan Rasulullah. Dengan pertimbangan matang dan atas saran Khawlah bint al-Hakim, Rasulullah pun akhirnya meminang Sawdah bint Zam’ah, seorang janda yang usianya tak lagi muda, berparas tidak begitu menarik, namun ia mukmin yang taat.

Namun perjalanan rumah tangga Muhammad dengan istri kedua pun sempat diliputi cemburu tatkala Aisyah bint Abu Bakar dan Hafshah bint Umar ibn al-Khathtab hadir sebagai istri ketiga dan keempat nabi. Dengan kebesaran hatinya, Sawdah mau menerima kehadiran dua istri nabi lainnya. Ia menolak talak Rasulullah dengan berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidak bisa menjadi istri bagimu seperti Aisyah, tetapi aku tak mau melepaskan kemuliaan sebagai istrimu. Karenanya, biarlah aku tetap menjadi istrimu. Aku sudah merasa cukup bahagia bisa berada di dekatmu. Aku akan ikut mencintai siapa pun yang engkau cintai. Dan aku akan ikut bahagia jika engkau bahagia.” (hlm. 231)

Mungkin di antara sebelas istri Rasulullah, kita lebih akrab dengan istri yang ketiga, yakni Aisyah bint al-Shiddiq. Selain karena menjadi istri Rasulullah yang paling muda sejarawan menyimpulkan bahwa ia dinikahi di atas usia sepuluh tahun ia juga dikenal luas kecerdasan, kecantikan, dan hafalan hadisnya yang luar biasa.

Di bagian ketiga buku ini, dikisahkan tentang putri-putri nabi. Selama membina rumah tangga, Rasulullah dikaruniai empat anak perempuan, yaitu Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, dan Fatimah al-Zahra. Tentu, Allah Swt. punya alasan tersendiri mengapa anak laki-laki Rasulullah meninggal di usia dini sehingga yang bertahan hanyalah anak-anak perempuannya. Bisa jadi ini sebagai cara untuk mengubah pandangan warga Arab kala itu yang menganggap bayi perempuan tidak berguna sehingga harus dikubur hidup-hidup.

Dengan diterbitkannya buki ini akan memberikan gambaran tentang perempuan Arab dan Islam yang bisa menjadi pembangkit semangat kaum wanita, sekaligus menjadikannya sebagai teladan. Sungguh agung peran perempuan dalam membangun peradaban manusia. Sejarah telah membuktikan, bahwa perempuan memberikan peran yang sangat penting dalam mendidik manusia. Terutama dalam menegakkan keadilan antara laki-laki dan perempuan. Sebuah buku yang layak dibaca oleh siapa pun, khususnya kaum perempuan yang menghargai dirinya dan meneladani dari para perempuan Rasulullah.

*)Presensi: Abdul Aziz MMM , Sekjend Renaisant Institute Yogyakarta 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Kenalin Saya

Foto saya
GURUKU KYAI BUKAN MBAH GOOGLE Belajarlah agama kepada guru yang sanad keilmuannya sampai kepada Rasulullah. Belajar langsung dengan bertatap muka kepada guru fadhilahnya sangat agung. Dikatakan bahwa duduk di majelis ilmu sesaat lebih utama daripada shalat 1000 rakaat. Namun jika hal itu tidak memungkinkan karena kesibukan yang lain, maka jangan pernah biarkan waktu luang tanpa belajar agama, untuk mendekatkan diri kepada Allah, namun tetap harus di bawah pantauan atau bimbingan orang yang ahli. HATI-HATI DENGAN GOOGLE Jika anda suka bertanya hukum kepada mbah google, pesan kami, hati-hati karena sudah banyak orang yang tersesat akibat tidak bisa membedakan antara yang salaf dengan yang salafi. Oleh karena itu untuk membantu mereka kaum awam, kami meluncurkan situs www.islamuna.info sebagai pengganti dari google dalam mencari informasi Islam. Mulai sekarang jika akan bertanya hukum atau info keislamna, tinggalkan google, beralihlah kepada Islamuna.info Googlenya Aswaja.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. JIHAD ILMIAH - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template