Pengaruh Kejawen terhadap Budaya Jawa - JIHAD ILMIAH
Headlines News :
Home » » Pengaruh Kejawen terhadap Budaya Jawa

Pengaruh Kejawen terhadap Budaya Jawa

Written By Guruku Kyai Bukan Mbah Google on Kamis, 03 November 2011 | 11.24

Dilansir di media cetak KORAN JAKARTA 03 November 2011

Judul : Tokoh-Tokoh Kejawen;Ajaran dan Pengaruhnya
Penulis : Hadiwijaya
Penerbit : EULE BOOK Yogyakarta
Tahun : I, 2011
Tebal : 222 halaman
Harga : Rp 40.000
Peresensi : Abdul Aziz MMM*)

Masyarakat asli Jawa, sebagaimana masyarakat tradisional lain di dunia, merupakan masyarakat yang gemar sistem mistik. Sistem mistik yang sudah menjadi ajaran selama ribuan tahun di pulau Jawa ini dikenal dengan nama "kejawen". Kejawen merupakan suatu konsep hidup yang melingkupi lahir batin material spiritual. Menurut pandangan para ahli, defi nisi "kejawen" adalah suatu kepercayaan tentang pandangan hidup yang diwariskan dari para leluhur.

Kejawen dengan demikian adalah sebuah kepercayaan yang terutama dianut oleh suku Jawa dan suku bangsa lainnya yang menetap di Jawa. Kenamaan kejawen bersifat umum, biasanya karena bahasa pengantar ibadahnya menggunakan bahasa Jawa. Dalam konteks umum, kejawen bukanlah agama. Penganut ajaran kejawen biasanya tidak menganggap ajarannya sebagai agama dalam pengertian sebagai agama monoteistik, seperti Islam atau Kristen, tetapi lebih melihatnya sebagai seperangkat cara pandang dan nilai-nilai yang dibarengi dengan sejumlah laku.

Ajaran kejawen tidak terpaku pada aturan yang ketat dan menekankan pada konsep keselarasan dan keseimbangan lahir batin. Dalam budaya Jawa, pandangan hidup lazim disebut ilmu kejawen atau yang dalam kesusastraan Jawa dikenal pula sebagai Ngelmu Kesampurnan. Wejangan tentang Ngelmu Kesampurnan Jawa ini termasuk ilmu kebatinan atau dalam filsafat Islam disebut dengan tasawuf atau sufisme. Orang Jawa sendiri menyebutkan "suluk" atau "mistik". 

Sebenarnya kejawen bukan aliran agama, tetapi adat kepercayaan, karena di sana terdapat ajaran yang berdasarkan kepercayaan terhadap Tuhan dari puncak-puncak teologi Islam, Hindu, dan Budha. Lebih tepat lagi mungkin disebut pandangan hidup atau filsafat hidup. Islam kejawen menurut penulis buku ini merupakan suatu pemahaman tentang ajaran agama Islam oleh orang-orang Jawa, kemudian diaplikasikan dalam ritual kehidupan sehari-hari. Sunan Kalijaga dianggap sebagai wali yang memiliki kedekatan tersebut.

Sunan Kalijaga memiliki pendekatan yang lebih toleran, bahkan bagi masyarakat pedalaman di Jawa Tengah dahulu yang tidak menganut agama tertentu pun, Sunan Kalijaga dijadikan sebagai guru mistik. Inilah buku yang secara khusus mengulas tokoh-tokoh yang telah memberikan pengaruh adat dan budaya besar bagi perkembangan dunia kejawen.

Berbagai dimensi kejawen dan representasinya dalam wacana budaya tanah air mulai dari bidang politik, spiritual, filsuf, budaya dan seni diulas dalam buku ini. Kehadiran buku ini penting untuk memahami lebih jauh tentang kejawen dari dinamika ajaran yang disebarluaskan tokoh-tokohnya.

Peresensi: Abdul Aziz MMM, Sekjend Renaisant Institute Yogyakarta
link : http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/75195
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Kenalin Saya

Foto saya
GURUKU KYAI BUKAN MBAH GOOGLE Belajarlah agama kepada guru yang sanad keilmuannya sampai kepada Rasulullah. Belajar langsung dengan bertatap muka kepada guru fadhilahnya sangat agung. Dikatakan bahwa duduk di majelis ilmu sesaat lebih utama daripada shalat 1000 rakaat. Namun jika hal itu tidak memungkinkan karena kesibukan yang lain, maka jangan pernah biarkan waktu luang tanpa belajar agama, untuk mendekatkan diri kepada Allah, namun tetap harus di bawah pantauan atau bimbingan orang yang ahli. HATI-HATI DENGAN GOOGLE Jika anda suka bertanya hukum kepada mbah google, pesan kami, hati-hati karena sudah banyak orang yang tersesat akibat tidak bisa membedakan antara yang salaf dengan yang salafi. Oleh karena itu untuk membantu mereka kaum awam, kami meluncurkan situs www.islamuna.info sebagai pengganti dari google dalam mencari informasi Islam. Mulai sekarang jika akan bertanya hukum atau info keislamna, tinggalkan google, beralihlah kepada Islamuna.info Googlenya Aswaja.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. JIHAD ILMIAH - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template