Menelusuri Kebohongan Penjelajahan Columbus - JIHAD ILMIAH
Headlines News :
Home » » Menelusuri Kebohongan Penjelajahan Columbus

Menelusuri Kebohongan Penjelajahan Columbus

Written By Guruku Kyai Bukan Mbah Google on Jumat, 14 November 2014 | 18.41



Dilansir di Radar Surabaya 9 November 2014

Judul               : The Columbus Affair
Penulis             : Steve Berry
Penerbit           : Penerbit Qanita
Cetakan           : I, Januari 2014
Tebal               : 664 Halaman
ISBN               : 978-602-1637-05-0
Peresensi         : Abdul Aziz Musaihi MM

Selama ratusan tahun, selalu dipersepsikan bahwa penemu Benua Amerika adalah Christopher Colombus pada 12 Oktober 1492. Christopher Columbus dikenal sebagai penemu benua Amerika dan dipandang sebagai pahlawan eksplorasi abad pertengahan oleh banyak sejarawan masa kini. Namun, akhir-akhir ini banyak buku teks sejarah mengungkapkan berbagai fakta bahwa ia bukanlah orang pertama kali yang menduduki benua amerika.
Dari beberapa peneliti Barat, atau penelitian dari sumber-sumber tertulis dari kalangan Muslim, ditemukan data-data baru bahwa Benua Amerika telah ditemukan oleh penjelajah Muslim sebelum Colombus menginjakkan kakinya di benua Amerika. Hal ini dibuktikan dengan banyak nama kota di Amerika yang mirip atau memang serapan dari bahasa Arab. Dalam buku The Columbus Affair karya Steve Berry, penulis pun mencoba menelusuri kebohongan di balik penjelajahan Columbus di benua amerika.
Steve membenarkan bahwa Columbus bukanlah orang pertama yang tiba di Amerika yang dia duduki. dia juga bukan orang Eropa pertama yang sampai ke benua tersebut. Menurut Steve,  sebelum Columbus datang sudah ada bangsa Viking terlebih dahulu yang menginjakkan kaki di tanah Amerika Utara pada abad ke 11. Kelebihan dari Columbus setelah pendaratannya pertama pada tahun 1492 adalah dia yang pertama kali menaruh Amerika pada peta, kesalahannya adalah mengganggap Amerika adalah Asia. Karena memang tujuan awal dari Columbus adalah Asia (halaman 322).
Dalam sejarah pun sudah maklum bahwa, Columbus dalam penjelajahannya dengan kapal Santa Maria dengan dukungan keuangan dari Raja Ferdinand dan Ratu Isabella dari Spanyol. Terobsesi menemukan rute perjalanan laut ke Asia dan jauh ke Timur, Columbus bukannya menemukan daerah perdagangan kaya di Timur, tetapi dia dan krunya menemukan dunia baru yaitu Amerika.
Diceritakan dalam buku ini, sesampainya Columbus di benua tersebut ia segera mulai menundukkan dan membunuh penduduk setempat dan merampas kekayaan besar dari tanah benua tersebut. Sebuah koloni kecil segera didirikan di Hispaniola yang terdiri dari tiga puluh sembilan krunya, sisanya kembali ke Spanyol dengan Columbus bersama dengan emas, rempah-rempah dan penduduk asli diambil sebagai budak untuk diberikan sebagai hadiah bagi pelanggan kerajaan.
Tahun berikutnya, ia memimpin ekspedisi kedua terdiri dari tujuh belas kapal besar dan berisi satu setengah ribu pendatang baru yang tiba di Amerika. Pada saat ia kembali ke Hispaniola, anak buahnya sudah banyak yang dibunuh oleh penduduk setempat dan koloni kedua kemudian didirikan.
Columbus mengumpulkan suku setempat, yang dikenal sebagai suku Taino dan menghukumnya dengan kejam. Dia memperbudak banyak penduduk lokal dan membantai ribuan orang pribumi. Sampai tahun 1496, populasi telah berkurang dari sebanyak delapan juta menjadi sekitar tiga juta.
Pada ekspedisi yang ketiga, ia menjelajahi daerah tersebut sebelum kembali ke Hispaniola pada tahun 1498 dimana ia meninggalkan saudara-saudaranya, Diego dan Bartholomew untuk memegang kendali kekuasaan disana. Kondisi semakin menurun sehingga ia mengadakan kampanye teror melawan Taino. Ia memerintah dengan tangan besi hingga menyebabkan banyak yang menentangnya termasuk pendatang baru (bangsa eropa sendiri) dan kepala daerah setempat.
Kebrutalan Columbus sampai ke telinga penguasa Spanyol dan pada tahun 1500 mereka mengirim Hakim Ketua untuk membawa Columbus dan saudara-saudaranya kembali ke Spanyol dengan dirantai. Namun segera setibanya di Sepanyol mereka dilepaskan dan diizinkan melakukan ekspedisi keempat dan terakhir, yang dilakukan dengan kebrutalan yang sama seperti yang sebelumnya. Pada saat ia akhirnya meninggalkan Amerika di tahun 1504, bangsa Taino telah menurun menjadi sekitar 100.000 jiwa.
Orang suku Taino adalah suku asli yang menduduki benua Amerika, mereka telah datang ke Amerika sejak tujuh ribu tahun sebelum Columbus menginjakkan kakinya di Amerika. Sebenarnya Amerika adalah tanah mereka, namun orang Eropa membunuh dan menghancurkan mereka hanya dalam waktu seratus tahun. Dalam kurun itu ada kurang lebih enam puluh ribu orang dibantai.
Dalam mengungkap kebohongan sejarah pelayaran Columbus, Steve Berry menuliskannya dengan baik dan tidak rumit. Hal ini karena dia menulisnya dengan tulisan novel. Dengan alur yang mudah dimengerti sekaligus Steve membawa pembaca seolah-seolah berada di tanah Amerika. Novel yang layak Anda baca karena ceritanya dan juga catatan sejarah _yang tidak pernah ditemukan dalam buku sejarah.

*)Peresensi: Abdul Aziz Musaihi MM 
Alumnus UIN Yogyakarta,
Penikmat Buku dan Pustakawan Mandiri




 



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Kenalin Saya

Foto saya
GURUKU KYAI BUKAN MBAH GOOGLE Belajarlah agama kepada guru yang sanad keilmuannya sampai kepada Rasulullah. Belajar langsung dengan bertatap muka kepada guru fadhilahnya sangat agung. Dikatakan bahwa duduk di majelis ilmu sesaat lebih utama daripada shalat 1000 rakaat. Namun jika hal itu tidak memungkinkan karena kesibukan yang lain, maka jangan pernah biarkan waktu luang tanpa belajar agama, untuk mendekatkan diri kepada Allah, namun tetap harus di bawah pantauan atau bimbingan orang yang ahli. HATI-HATI DENGAN GOOGLE Jika anda suka bertanya hukum kepada mbah google, pesan kami, hati-hati karena sudah banyak orang yang tersesat akibat tidak bisa membedakan antara yang salaf dengan yang salafi. Oleh karena itu untuk membantu mereka kaum awam, kami meluncurkan situs www.islamuna.info sebagai pengganti dari google dalam mencari informasi Islam. Mulai sekarang jika akan bertanya hukum atau info keislamna, tinggalkan google, beralihlah kepada Islamuna.info Googlenya Aswaja.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. JIHAD ILMIAH - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template