Mbah Sahal, Sang Penjaga Waktu - JIHAD ILMIAH
Headlines News :
Home » » Mbah Sahal, Sang Penjaga Waktu

Mbah Sahal, Sang Penjaga Waktu

Written By Guruku Kyai Bukan Mbah Google on Senin, 27 Januari 2014 | 21.09

Jam 1.30 dini hari HP ku berdering. Apa yang menjadi kehawatiranku benar terjadi:" Mbah Sahal Mahfudz wafat", Maka aku segera bergegas berangkat menuju Kajen Pati. Dalam perjalanan, bayangan ketika dulu sebagai santri beliau hadlir, masih lekat dalam ingatan ketika aku ngaji sorogan kitab ghoyatul ushul, beliau yang memang tidak banyak kata maka ketika kami salah dalam bacaan beliau hanya berdecak: "heml" maka aku ulang lagi bacaan kalimat tersebut, dan jika masih salah, beliau pun berdecak lagi: "hem", begitu seterusnya, sehingga sangat mungkin dalam satu kali pertemuan hanya mendapat satu baris kalau aku dan teman2 tidak bisa membenarkan, beliau memang tak pernah mau menunjukkan bagaimana yg benar karena kami sudah Aliyah sehingga diharapkan kami bisa mengoreksi sendiri atas kesalahan bacaan kami. Dan hari besoknya, kami masih disuruh membaca bacaan yang sama dg hari kemarin kalau memang belum bisa mengoreksi, begitulah seterusnya, kata "hem" itu aku dengar kembali.

Pada saat yang lain, aku pernah berkesempatan ditimbali untuk mengikuti beliau, tindak ke rumah KH Musthofa Bisri dan Kyai-kyai lain sekitar Rembang, maka semenjak pagi aku sudah bersiap di depan ndalem beliau, karena aku tau beliau adalah sosok yg selalu tepat waktu. Dan benar ketika jam yang dimaksudkan tiba, beliau sudah bersiap di depan ndalem, dan anehnya ternyatya sopir belum kelihatan batang hidungnya. Ditunggu kisaran 5 menit sang sopir belum juga datang maka beliau kontan dhawuh: Ayo budal ngebis, (mari berangkat naik bus) dan berangkatlah kami bertiga ( Mba Sahal, Ibunyai dan saya) ke tepi jalan raya menunggu Bus. Alhamdulillah sebelum Bus datang, Kang Masudi sebagai sopir beliau datang sudah dengan mobilnya, maka kami pun naik mobil beliau. Begitu kami semua sudah naik mobil, Mbah Sahal dhawuhi saya: "Yak iki duwite kanggo bensin lan mengko mampire nang omahe Kyai iki, Kyai iki, sambil menyebutkan nama-nama Kyai yang akan disinggahi setelah itu beliau diam, tidak bicara sampai perjalanan pulang. Maka sepanjang perjalanan kami semua tegang dan sang sopir menyadari semenjak itu dia selalu tepat waktu.  

Pengalaman lain masih tentang tepat waktu, ketika itu beliau aku aturi untuk mengisi stadium general di STAIFAS Kencong, beliau aku tempatkan di rumah sebelum berangkat ke Kampus, ketika Jam yang ditentukan kisaran kurang sepuluh menit, maka beliau sudah mengajak berangkat ke Kampus, kami berusaha mengundur, namun ketika jam sudah tepat yg ditentukan sesuai undangan, maka beliau sudah tidak bisa dihalang-halangi untuk berangkat ke kampus, padahal ketika itu undangan belum banyak yang hadlir. Ah... Beliau memang sosok yang menghargai waktu. Salam ta'dzimku tak pernah usai, semoga beliau selalu mendapatkan Rahmat, Ridlo dan pengampunan- Nya. Amiin

Copas status Gus Yak (Abdullah Khoirzad):
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Kenalin Saya

Foto saya
GURUKU KYAI BUKAN MBAH GOOGLE Belajarlah agama kepada guru yang sanad keilmuannya sampai kepada Rasulullah. Belajar langsung dengan bertatap muka kepada guru fadhilahnya sangat agung. Dikatakan bahwa duduk di majelis ilmu sesaat lebih utama daripada shalat 1000 rakaat. Namun jika hal itu tidak memungkinkan karena kesibukan yang lain, maka jangan pernah biarkan waktu luang tanpa belajar agama, untuk mendekatkan diri kepada Allah, namun tetap harus di bawah pantauan atau bimbingan orang yang ahli. HATI-HATI DENGAN GOOGLE Jika anda suka bertanya hukum kepada mbah google, pesan kami, hati-hati karena sudah banyak orang yang tersesat akibat tidak bisa membedakan antara yang salaf dengan yang salafi. Oleh karena itu untuk membantu mereka kaum awam, kami meluncurkan situs www.islamuna.info sebagai pengganti dari google dalam mencari informasi Islam. Mulai sekarang jika akan bertanya hukum atau info keislamna, tinggalkan google, beralihlah kepada Islamuna.info Googlenya Aswaja.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. JIHAD ILMIAH - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template