Istilah Karakteristik Kitab-kitab Klasik - JIHAD ILMIAH
Headlines News :
Home » » Istilah Karakteristik Kitab-kitab Klasik

Istilah Karakteristik Kitab-kitab Klasik

Written By Guruku Kyai Bukan Mbah Google on Jumat, 10 Maret 2017 | 09.00


Ketika mempelajari karakteristik kitab-kitab klasik, kita akan mendapatkan banyak istilah yang ber­kenaan dengannya. Adanya istilah-istilah itu merupakan salah satu bukti tradisi ilmiah yang berkembang dalam khazanah pengetahuan Islam.

★ Matan

Berasal dari kata matn, yang bermak­­na keras (salb, sinonimnya). Bila kata matn disandingkan dengan kata lughah (matn al-lughah ), berarti asal-usul, kosakata, dan lafal suatu bahasa. Bila dihubungkan dengan kata kitab ( matn al-kitab ), berarti teks asli kitab. Contoh kitab matan ini seperti kitab fiqih Al-Ghayah wa at-Taqrib, karya Abu Syuja, Az-Zubad, karya Ibn Ruslan, dan kitab tata bahasa Arab, seperti Al-Bina wa al-Asas serta Al-Ajurumiyyah.

Kitab matan ini terkadang juga di­susun dalam bentuk nazham (syair), seperti kitab Az-Zubad , Alfiyyah Ibn Malik, Al-‘Imrithi , Manzhumah al-Yawaqit, karya Sayyid Muhammad bin Ahmad Asy-Syathiri, Aqidah al-‘Awam, karya Syaikh Ahmad Al-Marzuqi.

Dalam wacana keilmuan Islam pada perkembangan berikutnya, istilah
matan atau bentuk jamaknya, mutun, bermakna kitab-kitab pokok yang menjadi pegangan madzhab dan rujukan utama bagi madzhab tersebut. Istilah matn yang spesifik ini berkembang terutama dalam Madzhab Hanafi, seperti kitab Al-Mukhtashar, karya Abu Al-Husain bin Ahmad bin Muhammad Al-Kuduri, kitab Bidayah al-Mubtadi , Ad-Durr al-Mukhtar , dan Multaqa al-Abhur .

★ Syarah

Sebagai kata, memiliki arti yang ba­nyak, di antaranya memotong (qatha’a ), menyingkap ( kasyafa ), membuka ( fataha ), memahami (fahima ), menjelaskan ( bayyana ), menafsirkan ( fassara), dan memperluas ( wassa’a ).

Dalam istilah fiqih, syarah bisa berarti penjelasan suatu istilah atau suatu kitab secara keseluruhan. Kitab syarah selalu dibarengi dengan teks asli (matan) dari kitab yang diulasnya. Contohnya, kitab Al-Majmu’, karya An-Nawawi, yang mensyarah kitab Al-Muhadzdzab, karya Abu Ishaq Asy-Syirazi, dan kitab Fath al-Qarib, karya Ibn Al-Qasim Al-Ghuzzi, yang merupakan syarah kitab Al-Ghayah wa at-Taqrib, karya Syaikh Abu Syuja‘. Ada juga kitab Al-Kharit ‘ala Manzhumah al-Yawaqit oleh Sayyid Muhammad bin Hasyim Bin Thahir atas Manzhumah al-Yawaqit, karya Sayyid Muhammad bin Ahmad Asy-Syathiri. Begitu pula dengan Al-Muwaththa‘, karya Imam Malik, yang disyarah oleh Ibnu Salamah Al-Ahfasyi dalam karyanya Tafsir Gharib al-Muwaththa‘ , kitab Kifayah al-‘Awam, yang disyarah Al-Bantani dengan karya berjudul ‘Aqidah al-‘Awam , kitab ar-Risalah, karya Al-Qairawani Al-Maliki, yang disyarah Ibn Al-Fakhkhar Al-Judzami dengan karya berjudul Nash al-Maqalah fi Syarh ar-Risalah , kitab Al-Kharraj, karya Imam Abu Yusuf Al-Hanafi, yang disyarah oleh Ibnu Muhammad Ar-Rahibi dengan karya berjudul Fiqh al-Muluk ‘ala Khizanah Kitab al-Kharaj.

Munculnya syarah atas suatu kitab matan adalah bukti aktivitas ilmiah dan akademis di kalangan ulama masa lampau. Upaya syarah sangat dibutuhkan untuk menerjemahkan maksud penulis kitab matan bagi para pembacanya, sehingga mereka dapat memahami teks-teks tersebut.

Tradisi syarah ini berkembang pesat setelah mapannya pembentukan madzhab fiqih (tadwin al-madzahib ) sekitar abad ke-3 H/8 M, bahkan kegiatan syarah telah muncul di masa tabi’in, ketika mereka melakukan syarah atas warisan karya yang ditinggalkan masa sahabat. Abu Zinad Abdullah bin Zakwan (w. 131 H/748 M), misalnya, mensyarah kitab Al-Fara‘idh, yang ditulis Zaid bin Tsabit (w. 45 H/665 M). Matan dan syarah bidang ilmu waris ini dinukil oleh Abu Bakar Ahmad Al-Baihaqi dalam kitabnya As-Sunan al-Kubra , sebuah kitab induk dalam hadits.

★ Hasyiyah

Sebagai kata, hasyiyah berarti ang­gota badan yang berada di dalam perut, seperti limpa dan jantung. Juga dapat berarti bagian pinggir baju. Jika artinya digabungkan dengan kitab (hasyiyah al-kitab ), berarti catatan yang ditulis me­nyangkut isi kitab tersebut.

Dalam konteks fiqih, istilah hasyiyah merupakan penjelasan yang lebih luas dari syarah. Pada umumnya, hasyiyah merupakan tangga penjelasan ilmiah kedua atas karya matan setelah syarah. Contohnya, kitab Fath al-Qarib, karya Ibn Al-Qasim Al-Ghuzzi, yang merupakan syarah kitab Al-Ghayah wa at-Taq­rib, yang diberikan catatan tambahan dan perluasan oleh Ibrahim Al-Bajuri dalam karyanya Hasyiyah Al-Bajuri . Ada juga hasyiyah di bidang tafsir, seperti hasyiyah Syaikh Ahmad Ash-Shawi Al-Maliki atas kitab tafsir karya dua ulama agung, As-Suyuthi dan Al-Mahalli, yang dikenal dengan Hasyiyah Ash-Shawi ‘ala Tafsir al-Jalalayn.

Namun ada juga kitab hasyiyah, sebagaimana yang dinamakan sendiri oleh penulisnya, yang mensyarah kitab matan, langsung tanpa melalui syarahnya. Salah satu contohnya adalah karya Syaikh Abdullah bin Fadhl Asy-Syaikh Al-Asymawi atas kitab Matn al-Ajrumiyyah yang berjudul Hasyiyah al-Asymawi .

Hasyiyah digunakan untuk menjelas­kan lebih jauh materi yang terdapat di kitab matan dan kitab syarah. Biasanya persoalan-persoalan yang kurang transparan dalam matan dan syarah diperjelas lagi dalam karya yang disebut hasyiyah ini.

★ Mukhtashar

Sebagai kata mukhtashar berarti ringkasan, intisari. Istilah ini sepadan dengan kata khulashah dan mujaz.
Mukhtashar merupakan salah satu bentuk kreativitas ilmiah dalam sejarah intelektual Islam, karena tujuan penulisan karya-karya ini untuk menyusun isi suatu kitab secara ringkas, sistematis, dan tematis, sehingga memudahkan ge­nerasi pelajar berikutnya untuk memahami dan menyelami pemikiran-pemikiran pokok sang penulis.

Banyak kitab matan yang diringkas, seperti kitab Ihya ‘Ulum ad-Din, yang diringkas oleh pengarangnya sendiri, Hujjatul Islam Imam Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali, yang disebut Mukhtashar al-Ihya . Al-Musnad, karya Imam Ahmad bin Hanbal, yang diringkas oleh putranya, Abdullah bin Ahmad, dengan judul Tsulatsiyyat . Contoh lainnya, kitab Mukhtashar al-Mudawwanah, karya Al-Qairawani, yang merupakan ringkasan kitab Al-Mudawwanah al-Kubra, karya Abdussalam bin Said At-Tanukhi, kitab Asy-Syafi fi Ikhtishar al-Kafi, karya Abu Al-Baqa Al-Qurasyi, yang merupakan ringkasan kitab Al-Kafi fi al-Fiqh, karya Abu al-Fadhl Muhammad Al-Marwazi.

★ Hawamisy

Sebagai kata, hawamisy adalah ben­tuk jamak hamisy , yang artinya uraian panjang lebar atau kumpulan. Jika dikaitkan dengan kata kitab (hamisy al-kitab ), artinya memberi penjelasan atas syarah atau hasyiyah, maupun ta’liqat (catatan-catatan berupa penilaian, sikap, kritik terhadap matan kitab atau hasil studi terhadap dalil/nash yang ada dalam kitab matan tersebut).

Dalam tradisi literatur, hamisy atau hawamisy ini adalah tulisan yang biasanya berada di luar margin kitab sumbernya, baik berbentuk syarah, hasyiyah, maupun lainnya. Contoh, Hasyiyah Al-Qalyubi wa Al-Umairah , yang berada di luar margin kitab Minhaj ath-Thalibin, karya Imam An-Nawawi. Artinya, hasyiyah ini posisinya sebagai hamisy. Tapi ada juga yang di dalam margin.

Ada pula yang matannya diletakkan di luar margin, sehingga matan kitab itu disebut hamisy , seperti kitab Faydh al-Ilah al-Malik, karya Umar bin Muhammad Al-Barakat, yang di luar margin kitab matannya,‘Umdah as-Salik wa ‘Uddah as-Salik, karya Syihabuddin Ahmadf Al-Mishri. Maka karya yang disebut terakhir adalah sebagai hamisy-nya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Kenalin Saya

Foto saya
GURUKU KYAI BUKAN MBAH GOOGLE Belajarlah agama kepada guru yang sanad keilmuannya sampai kepada Rasulullah. Belajar langsung dengan bertatap muka kepada guru fadhilahnya sangat agung. Dikatakan bahwa duduk di majelis ilmu sesaat lebih utama daripada shalat 1000 rakaat. Namun jika hal itu tidak memungkinkan karena kesibukan yang lain, maka jangan pernah biarkan waktu luang tanpa belajar agama, untuk mendekatkan diri kepada Allah, namun tetap harus di bawah pantauan atau bimbingan orang yang ahli. HATI-HATI DENGAN GOOGLE Jika anda suka bertanya hukum kepada mbah google, pesan kami, hati-hati karena sudah banyak orang yang tersesat akibat tidak bisa membedakan antara yang salaf dengan yang salafi. Oleh karena itu untuk membantu mereka kaum awam, kami meluncurkan situs www.islamuna.info sebagai pengganti dari google dalam mencari informasi Islam. Mulai sekarang jika akan bertanya hukum atau info keislamna, tinggalkan google, beralihlah kepada Islamuna.info Googlenya Aswaja.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. JIHAD ILMIAH - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template