Keutamaan Puasa Di Bulan Rajab - JIHAD ILMIAH
Headlines News :
Home » , » Keutamaan Puasa Di Bulan Rajab

Keutamaan Puasa Di Bulan Rajab

Written By Guruku Kyai Bukan Mbah Google on Selasa, 28 Maret 2017 | 12.05


Awal malam bulan Rajab adalah salah satu malam pengabulan do'a. Berkata Imam Syafi'i, rahimahullah:

إن الدعاء يستجاب فى خمس ليال فى ليلة الجمعة وليلة الأضحى وليلة الفطر واول ليلة من رجب وليلة نصف الشعبان.

Artinya:
------------
"Sungguh do'a akan dikabulkan pada 5 malam, yaitu:
1. Malam Jum'at,
2. Malam lebaran Idul Adha,
3. Malam lebaran Idul Fitri,
4. Malam pertama bulan Rajab,
5. Malam Nishfu Sya'ban (malam kelima belas bulan Sya'ban).

{Keterangan dari kitab "As-Sunanul Kubra", karya Imam Al-Baihaqi: 3 / 319, cetakan "Darul Fikr", Beirut, Lebanon}.

Selain itu, ada 3 hadits Rasulullah SAW di dalam kitab "Al-Hawi lil Fatawi", karya Imam Jalaluddin as-Suyuthi: 1 / 352, cetakan "Darul Fikr", Beirut, Lebanon tentang keutamaan puasa di bulan Rajab, yaitu:

1. HR Anas, Rasulullah SAW bersabda:

ان فى الجنة نهرا يقال له رجب. ماؤه أبيض من اللبن وأحلى من العسل. من صام يوما من رجب سقاه الله من ذلك النهر.

Artinya:
------------
"Sungguh di dalam surga terdapat sebuah sungai yang disebut Rajab. Airnya lebih putih daripada susu dan lebih manis daripada madu. Barangsiapa puasa sehari di bulan Rajab, maka Allah akan memberi minum dari air sungai itu."

2. HR Anas, Rasulullah SAW bersabda:

من صام من شهر حرام الخميس والجمعة والسبت كتب له عبادة سبعمائة سنة.
Artinya:
------------
"Barangsiapa puasa di bulan Haram, yaitu hari Kamis, Jum'at dan Sabtu, maka akan ditulis baginya ibadah tujuh ratus tahun."

3. HR Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

من صام من رجب يوما كان كصيام شهر ومن صام منه سبعة أيام غلقت عنه أبواب الجحيم السبعة ومن صام منه ثمانية أيام فتحت له أبواب الجنة الثمانية ومن صام منه عشرة أيام بدلت سيئاته حسنات.

Artinya:
-------------
"Barangsiapa puasa sehari di bulan Rajab bagaikan puasa sebulan. Barangsiapa puasa tujuh hari di bulan Rajab, maka tujuh pintu neraka jahim dikunci gembok. Dan, barangsiapa puasa delapan hari di bulan Rajab, maka delapan pintu surga dibuka. Juga, barangsiapa puasa sepuluh hari di bulan Rajab, maka amal-amal buruknya diganti dengan amal-amal baik."

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda:

من صام ثلاثة أيام من شهر حرام، الخميس والجمعة والسبت كتب له عبادة سنتين.
Artinya:
-------------
"Barangsiapa puasa tiga hari di bulan Haram (Dzul-Qa'dah, Dzul-Hijjah, Muharram, dan Rajab),  yaitu puasa hari Kamis, Jum'at, dan Sabtu, maka dituliskan baginya ibadah dua tahun." {Hadits Hasan riwayat Anas di dalam kitab "Faidhul Qadir Syarah Al-Jami'u ash-Shaghir, karya Imam Abdurra'uf Al-Munawi: 6 / 162, cetakan "Darul Fikr", Beirut, Lebanon}.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Kenalin Saya

Foto saya
GURUKU KYAI BUKAN MBAH GOOGLE Belajarlah agama kepada guru yang sanad keilmuannya sampai kepada Rasulullah. Belajar langsung dengan bertatap muka kepada guru fadhilahnya sangat agung. Dikatakan bahwa duduk di majelis ilmu sesaat lebih utama daripada shalat 1000 rakaat. Namun jika hal itu tidak memungkinkan karena kesibukan yang lain, maka jangan pernah biarkan waktu luang tanpa belajar agama, untuk mendekatkan diri kepada Allah, namun tetap harus di bawah pantauan atau bimbingan orang yang ahli. HATI-HATI DENGAN GOOGLE Jika anda suka bertanya hukum kepada mbah google, pesan kami, hati-hati karena sudah banyak orang yang tersesat akibat tidak bisa membedakan antara yang salaf dengan yang salafi. Oleh karena itu untuk membantu mereka kaum awam, kami meluncurkan situs www.islamuna.info sebagai pengganti dari google dalam mencari informasi Islam. Mulai sekarang jika akan bertanya hukum atau info keislamna, tinggalkan google, beralihlah kepada Islamuna.info Googlenya Aswaja.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. JIHAD ILMIAH - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template