Ditemukan! Manuskrip Berisi Genealogi Intelektual (Sanad) Syaikh Mukhtâr ‘Athârid al-Bûghûrî”, Ajengan Sunda yang Mengajar di Makkah (1913 M) - JIHAD ILMIAH
Headlines News :
Home » » Ditemukan! Manuskrip Berisi Genealogi Intelektual (Sanad) Syaikh Mukhtâr ‘Athârid al-Bûghûrî”, Ajengan Sunda yang Mengajar di Makkah (1913 M)

Ditemukan! Manuskrip Berisi Genealogi Intelektual (Sanad) Syaikh Mukhtâr ‘Athârid al-Bûghûrî”, Ajengan Sunda yang Mengajar di Makkah (1913 M)

Written By Guruku Kyai Bukan Mbah Google on Selasa, 11 April 2017 | 09.16


Ini adalah tulisan tangan sekaligus cap pribadi Syaikh Mukhtâr ibn ‘Athârid al-Bûghûrî al-Makkî (Raden Mukhtar Natanagara, w. 1349 H/ 1930 M) yang tertera pada sanad (genealogi intelektual) dan juga ijâzah (lisensi keilmuan) beliau, yang dikukuhkan dan diberikan kepada muridnya yang bernama Syaikh Muhammad Zain ibn Abbas Batubara (w. 1388 H/ 1968 M).

Syaikh Mukhtâr ‘Athârid adalah ulama besar hadits dunia Islam asal Bogor (Jawa Barat) yang berkarir dan mengajar di Masjidil Haram, Makkah. Namanya sangat masyhur dan bersinar terang pada awal abad ke-20 M. Nisbat kata “al-Bûghûrî” pada nama belakang itu merujuk pada daerah asalnya, yaitu Bogor.

Adapun murid yang di-ijâzahi-nya itu, yaitu Syaikh Muhammad Zain ibn Abbas Batubara, adalah ulama besar Nusantara asal Batubara, Sumatera Utara, yang pada masa itu masih berstatus sebagai santri di Makkah. Ijâzah tersebut ditandatangani dan dicap oleh Syaikh Mukhtâr ‘Athârid di kota Makkah pada tanggal 20 Dzulhijjah tahun 1331 Hijri (bertepatan dengan 20 November 1913 M). Tertulis di sana;

وأقول فقد أجزت أخي الفاضل الحاج محمد زين بن عباس الجاوي بالفقه الشافعي كما أجازني بذلك مشايخي المذكورين. وأوصيه بالتقوى في الظاهر والباطن وأن لا ينساني من الدعوات الصالحة وحسبنا الله ونعم الوكيل والحمد لله رب العالمين. قاله الفقير الحقير محمد مختار بن عطارد. مكة المكرمة 20 ذي الحجة سنة 1331

(Dan aku berkata; aku telah mengijazahkan kepada saudaraku yang utama, Haji Muhammad Zain ibn Abbas al-Jawi, atas riwayat fikih madzhab Syafi’i, sebagaimana telah mengijazahkan kepadaku akannya para guru-guruku yang tersebut di atas. Aku berwasiat kepadanya agar selalu bertakwa kepada Allah dalam zahir dan batin, dan agar hendaknya ia tidak lupa untuk mendoakanku dengan doa-doa kebaikan. Wa hasbunallâh wa ni’mal wakîl walhamdu lillâhi rabbil ‘âlamîn. Telah berkata hamba yang fakir lagi hina, Muhammad Mukhtâr ibn ‘Athârid. [Cap beliau]. Makkah al-Mukarramah 20 Dzulhijjah tahun 1331).

Ijâzah ini ditulis dalam bahasa Arab dan terdiri dari 5 halaman. Pada masing-masing halaman terdapat 9 baris tulisan. Terdapat juga stema (catatan pinggir/ hâmisy) di hampir setiap halamannya.

Saya mendapatkan salinan naskah ijâzah ini beberapa minggu yang lalu dari sahabat yang budiman, al-Fadhil al-Ustadz Ahmad Fauzi, ulama muda Medan yang juga cucu dari Syaikh Muhammad Zain ibn Abbas Batubara. Pada beliaulah naskah asli ijâzah ini tersimpan.

Pada ijâzah tersebut, Syaikh Mukhtâr juga menuliskan genealogi keilmuan (sanad)-nya dalam fikih madzhab Syafi’i, yang ia terima dan riwayatkan dari gurunya, dan gurunya menerima dan meriwayatkan dari gurunya lagi, terus sambung menyambung genealogi keilmuan itu hingga sampai kepada Imam Syafi’i dan Rasulullah SAW tanpa putus (inqithâ’) dan menyimpang (inhirâf).

Keberadaan manuskrip ini menjadi sangat istimewa bukan hanya karena memuat ijâzah dan sanad Syaikh Mukhtâr ‘Athârid yang diberikan kepada muridnya, Syaikh Muhammad Zain Batubara, tetapi juga karena manuskrip ini mengabadikan tulisan tangan Syaikh Mukhtâr dan juga cap pribadi miliknya.

Sementara itu, keberadaan “sanad” (transmisi intelektual) dan ijazah (lisensi keilmuan) sangat penting dan menjadi hal yang utama dalam tradisi keilmuan Islam. Sanad menyambungkan seseorang dengan gurunya dalam jalur transmisi keilmuan, yang menyambung lagi dengan gurunya gurunya, terus sampai ke para Sahabat dan kepada Nabi Muhammad, tanpa putus seperti mata rantai. Adapun ijazah adalah mandat, restu dan lisensi yang diberikan sang guru kepada sang murid untuk boleh meriwayatkan dan mengajarkan apa yang telah ia dapatkan dari gurunya itu.

Yang menjadi catatan penting, pemahaman "ijazah" di sini sama sekali bukan "selembar kertas ijazah tanda kelulusan dari sekolah atau perguruan tinggi yang kemudian digunakan untuk melamar pekeraan" yang galib difahami orang-orang Indonesia saat ini. Sama sekali bukan!

Berikut edisi teks dari ijâzah Syaikh Mukhtâr ‘Athârid untuk muridnya yang bernama Syaikh Muhammad Zain ibn ‘Abbas sebagaimana terdapat dalam naskah ini;

[1]
بسم الله الرحمن الرحيم. الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله. أما بعد. فيقول الفقير الى الله الغني. محمد مختار بن عطارد الجاوي. رويت الفقه الشافعي عن المشايخ الأجلاء. منهم العلامة السيد محمد أمين المدني، عن الشيخ أبو جعفر محمد صالح البخاري، عن الشيخ رفيع الدين القندهاري، عن الشيخ محمد بن عبد الله
[2]
المغربي، عن الشيخ عبد الله بن سالم البصري، عن الشيخ الشبراملسي، عن الشيخ نور الدين الزيادي والشيخ الشبشير والشيخ سليمان البابلي، قد أخذ الأول عن الشهاب الرملي وأخذ الاثنان بعده عن الشمس الخطيب الشربيني، وهما أخذ عن جمع أجلهم شيخ الإسلام زكريا الأنصاري. وأخذ القاضي
[3]
زكريا عن الجلال المحلي وعن الحافظ ابن حجر وعن الجلال البلقيني. وأخذ الثلاثة عن الحافظ الولي العراقي، وأخذ الولي عن أئمة أجلهم والده الزين عبد الرحمن العراقي، وأخذ الزين العراقي عن العلامة العطار ، عن الإمام ولي الله تعالى بلا نزاع الشيخ محي الدين النووي، وأخذ النووي عن أئمة منهم الكمال سلار
[4]
الأردبيلي، وأخذ سلار عن الشيخ محمد ابن محمد صاحب الشامل الصغير، أخذ صاحب الشامل عن الشيخ عبد الرحمن القزويني صاحب الحاوي، عن أبي القاسم عبد الكريم الرافعي شيخ المذهب، عن الشيخ أبي الفضل محمد ابن يحي، عن حجة الإسلام الغزالي، عن الإمام أبي المعالي عبد الملك اب عبد الله بن يوسف إمام الحرمين
[5]
عن والده الشيخ أبي محمد الجويني، عن أبي بكر القفال المروزي، عن الإمام أبي زيد المروزي، عن الإمام أبي إسحاق الشيرازي، عن الإمام أبي العباس ن سريح، عن الإمام أبي سعيد الأنماطي، عن الإمام أبي إبراهيم إسماعيل ابن يحي المزني، عن الإمام الأغظم محمد بن إدريس الشافي رضي الله عنه أمين
وأقول فقد أجزت أخي الفاضل الحاج محمد زين بن عباس الجاوي بالفقه الشافعي كما أجازني بذلك مشايخي المذكورين. وأوصيه بالتقوى في الظاهر والباطن وأن لا ينساني من الدعوات الصالحة وحسبنا الله ونعم الوكيل والحمد لله رب العالمين. قاله الفقير الحقير محمد مختار بن عطارد. مكة المكرمة 20 ذي الحجة سنة 1331

Dari teks di atas, dapat diurakan genealogi keilmuan (sanad) Syaikh Mukhtâr ‘Athârid dalam fikih madzhab Syafi’i yang diriwayatkannya itu sebagai berikut;

(1) Syaikh Mukhtâr ‘Athârid --> (2) al-Sayyid Muhammad Amîn al-Madanî --> (3) Syaikh Abû Ja’far Muhammad Shâlih al-Bukhârî --> (4) Syaikh Rafî’uddîn al-Qandahârî --> (5) Syaikh Muhammad ibn ’Abdullâh al-Maghribî --> (6) Syaikh ‘Abdullâh ibn Sâlim al-Bashrî --> (7) Syaikh al-Syibrâmalisî --> (8.A) Syaikh Nûruddîn al-Zayyâdî, (8.B) Syaikh al-Syabsyîr, (8.C) Syaikh Sulaimân al-Bâbilî --> (9.A) Syaikh Syihâbuddîn al-Ramlî, (9.B.C) al-Khatîb al-Sarbînî --> (10) Syaikh Zakariyâ al-Anshârî --> (11.A) Jalâluddîn al-Mahallî, (11.B) al-Hâfizh Ibn Hajar al-‘Asqalânî, (11.C) Jalâluddîn al-Bulqainî --> (12) al-Hâfizh al-Walî al-‘Irâqî --> (13) Syaikh Zainuddîn ‘Abd al-Rahmân al-‘Irâqî --> (14) al-‘Allâmah al-‘Aththâr --> (15) al-Imâm Muhyiddîn al-Nawawî --> (16) Syaikh Kamâluddîn al-Ardabîlî --> (17) Syaikh Muhammad ibn Muhammad Shâhib al-Syâmil al-Shagîr --> (18) Syaikh ‘Abdurrahmân al-Qazwînî --> (19) Syaikh ‘Abd al-Karîm al-Râfi’î --> (20) Syaikh Abû al-Fadhl Muhamad ibn Yahyâ --> (21) al-Imâm al-Ghazzâlî --> (22) Imâm al-Haramain al-Juwainî --> (23) Syaikh Muhammad al-Juwainî --> (24) Syaikh Abû Bakr al-Qaffâl al-Marwazî --> (25) al-Imâm Zaid al-Marwazî --> (26) al-Imâm Abû Ishâq al-Syairâzî --> (27) al-Imâm Abû ‘Abbâs ibn Sarîh --> (28) al-Imâm Abû Sa’îd al-Anmâthî --> (29) al-Imâm al-Muzanî --> (30) al-Imâm al-Syâfi’î.

Bogor, Februari 2017
Al-Faqir A. Ginanjar Sya’ban
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Kenalin Saya

Foto saya
GURUKU KYAI BUKAN MBAH GOOGLE Belajarlah agama kepada guru yang sanad keilmuannya sampai kepada Rasulullah. Belajar langsung dengan bertatap muka kepada guru fadhilahnya sangat agung. Dikatakan bahwa duduk di majelis ilmu sesaat lebih utama daripada shalat 1000 rakaat. Namun jika hal itu tidak memungkinkan karena kesibukan yang lain, maka jangan pernah biarkan waktu luang tanpa belajar agama, untuk mendekatkan diri kepada Allah, namun tetap harus di bawah pantauan atau bimbingan orang yang ahli. HATI-HATI DENGAN GOOGLE Jika anda suka bertanya hukum kepada mbah google, pesan kami, hati-hati karena sudah banyak orang yang tersesat akibat tidak bisa membedakan antara yang salaf dengan yang salafi. Oleh karena itu untuk membantu mereka kaum awam, kami meluncurkan situs www.islamuna.info sebagai pengganti dari google dalam mencari informasi Islam. Mulai sekarang jika akan bertanya hukum atau info keislamna, tinggalkan google, beralihlah kepada Islamuna.info Googlenya Aswaja.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. JIHAD ILMIAH - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template